Sukses

Pengertian sukses

Sukses adalah keberhasilan mencapai tujuan. Hidup sukses adalah hidup dengan keberhasilan mencapai tujuan yang dicita-citakan

Lima prinsip utama kesuksesan :

Prinsip 1 : Faith

Kita dapat mencapai hal-hal terbaik dalam kehidupan-kalau kita meyakini dan mendayaagunakan kekuatan dan anugrah Tuhan dalam diri kita

Prinsip 2 : Mission

Kesuksesan adalah buah dari serangkaian pilihan dan keputusan yang kita ambil dalam kehidupan kita

Prinsip 3 : Action

Kesuksesan dalam kehidupan adalah akumulasi dari kebiasaan yang kita lakukan terus menerus dalam kehidupan kita

Prinsip 4 : Reach

Kesuksesan dalam kehidupan ditentukan oleh kualitas dan besarnya jaringan kehidupan kita, dan seberapa besar kepedulian kita kepada orang lain dan mengasihinya

Prinsip 5 : Coach

Kita bisa mendapatkan segala yang kita inginkan dalam kehidupan kalau kita banyak membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan

Hal yang perlu Anda lakukan

Hidup sukses seperti apa yang Anda inginkan ?

Bagaimana hubungannya dengan Tuhan?

Bagaimana hubungannya dengan keluarga Anda?

Bagaimana hubungannya dengan lingkungan Anda ?

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> SHAPE \* MERGEFORMAT <![endif]–>

Sosial 10

Fisik 10

10 Keuangan

10 Keluarga

10 Spriritual

0

Mental 10

Keseimbangan dalam Berkarir

Keterangan : 0 = parah 10 = puas sekali

<!–[if mso & !supportInlineShapes & supportFields]> <![endif]–>

Skala 0-10 : puaskah anda dengan bidang kehidupan Anda ?

(i) Keluarga : keharmonisan keluarga, waktu untuk keluarga, pendidikan anak dll

(ii) Keuangan : penghasilan, pengeluaran, tabungan, hutang, aset

(iii) Mental : Stress, bahagia, tenang, continuous learning dll

(iv) Fisik : kesehatan, kebugaran

(v) Sosial : pergaulan, teman, lingkungan, peranan dalam masyarakat

(vi) Spiritual : hubungan dengan Tuhan, amal sholeh, bersyukur dll

Ukuran-ukuran kesuksesaan

Seseorang dikatakan sukses adalah ketika dia mampu meraih tujuan-tujuan hidupnya. Tentu, ukuran kesuksesan ini akan relatif pada setiap orang.

Seorang petani merasa sukses ketika di masa panennya dia mendapatkan hasil yang memuaskan.

Seorang mahasiswa merasa sukses ketika berhasil lulus dengan IPK yang tinggi.

Seorang pencari kerja merasa sukses ketika mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang diinginkan

Ukuran-ukuran kesuksesan sangat erat hubungannya dengan nilai-nilai perbuatan :

  1. PENCAPAIAN NILAI MATERI berupa penambahan kekayaan, peningkatan karir dan jabatan dan lain-lain. Seorang pedagang melakukan aktifitanya dengan harapan mendapatkan keuntungan dari aktifitas jual belinya tersebut. Adalah sangat sedikit atau bahkan tidak ada pedagang yang melakukan transaksi yang merugi

  1. PENCAPAIAN NILAI NILAI KEMANUSIAAN (HUMANISME) berupa semua hal yang dipandang baik oleh semua orang seperti senang menolong, dermawan, jujur, tidak ingkar janji dan lain sebagainya.

  1. PENCAPAIAN NILAI-NILAI SPIRITUAL adalah nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaannya

Hal yang perlu dilakukan adalah :

§ Tentukan tindakan Anda secara spesifik (apa yang akan Anda lakukan)

§ Tindakan Anda harus dapat diukur (kuantitatif maupun kualitatif)

§ Tindakan Anda harus berorientasi pada peningkatan hasil

§ Tindakan Anda harus realistis (dapat dicapai)

§ Tindakan Anda harus ada batas waktunya (kapan selesainya

§ Mintalah umpan balik

§ Mencoba untuk melakukan apa yang dikatakan oleh si pemberi umpan balik

§ Jangan membela diri dengan berbagai alasan

Bagaimana meraih sukses ?

”sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum, sebelum kaum itu sendiri mengubah apa yang ada pada diri mereka”

JIKA ANDA INGIN MEMILIKI HIDUP YANG BERBEDA, ANDA HARUS BERUBAH

(dalam cara berfikir, bersikap, berkata-kata, bertindak dan berperilaku)

  • Pemenang selalu merupakan bagian dari jawaban, pecundang selalu merupakan bagian dari masalah
  • Pemenang selalu memiliki program, pecundang selalu memiliki kekecualian
  • Pemenang berkata “Kami akan mengerjakan ini untukmu”, pecundang berkata “Ini bukan pekerjaanku”
  • Pemenang melihat jawaban bagi setiap persoalan, pecundang melihat masalah untuk setiap jawaban
  • Pemenang berkata “Ini mungkin susah tetapi masih mungkin”, pecundang berkata “Ini mungkin tapi sangat sulit untuk dilakukan”

Meraih sukses di usia dini

Meraih sukses merupakan pilihan dan tidak bersifat memaksa. Artinya apakah seseorang mengambil pilihan untuk hidup sukses atau tidak tergantung pada orang yang bersangkutan, termasuk kesuksesan seperti apa yang ingin dia raih, kapan akan diraih dan lain sebagainya. Pilihan-pilihan tersebut tentu mengandung resikonya masing-masing.

Memang segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini atas kehendakNya, tapi perlu diingat bahwa ada faktor usaha (ikhtiar) untuk mendapatkan yang kita inginkan. Kehendak Tuhan ini jangan dijadikan faktor pembatas bagi kita untuk berbuat sesuatu karena kita sendiri tidak tahu apa kehendak Tuhan untuk diri kita sampai hal tersebut terjadi. Oleh karena itu menjadi orang sukses sudah selayaknya menjadi pilihan yang kita ambil.

Kapan kita mentargetkan diri untuk sukses ? Umur 60 tahun ? 50 tahun ? 30, 25, 20 …….? Semua kembali pada diri kita sendiri !

Langkah-langkah yang perlu diambil untuk meraih sukses sedini mungkin :

(1) Tetapkan Tujuan

Besarnya Anda akan ditentukan sejauh mana Anda menilai diri Anda. Kesuksesan Anda ditentukan oleh apa yang Anda lakukan untuk meraih tujuan tersebut

(2) Mulailah dari sekarang

Langkah pertama sangat menentukan selanjutnya terserah Anda

Semua keberhasilan dimulai dari langkah pertama. Terkadang banyak orang yang malas bahkan tidak berani untuk memulai. Kesalahan fatal yang benar-benar perlu dihindari adalah menunggu. Sering terjadi orang terlalu lama memikirkan sesuatu dan kehabisan tenaga tepat saat mereka ingin memulai. Segera jalankan hal-hal yang menurut Anda perlu dilakukan untuk mencapai tujuan. Jangan terlalu banyak menghabiskan tenaga untuk memikirkan bagaimana menjalankan sesuatu. Semakin dipikirkan, semakin terasa sulit untuk menjalankan suatu rencana. Lakukan segera. Saat Anda mulai benar-benar melakukannya, Anda sudah selangkah lagi lebih maju mendekati pintu kesuksesan.

Terapkan cara action and modified, lakukan sekarang, jika ditemukan kesalahan, lakukan modifikasi cari jalan pemecahannya dan terus lakukan action and modified.

”(3) Life Time Improvement and Continuous Learning”

Kunci sukses selanjutnya adalah kemauan untuk senantiasa belajar dan belajar. Ketika pendidikan formalnya selesai, mereka menganggap semuanya sudah dimiliki. Padahal pelajaran yang diperoleh di bangku sekolah jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan pelajaran dan fenomena yang terjadi di luar sekolah. Dunia ini merupakan sekolah raksasa yang memberikan pelajaran yang tidak berujung. Oleh karena itu sangat tepatlah apabila ada kata hikmah

“Mencari ilmu adalah kewajiban mulai dari buaian sampai ke liang libur”

Belajar dari kesalahan juga merupakan satu proses lifetime improvement yang sangat baik. Setiap terjadi kesalahan pikirkan apa yang salah dan apa yang seharusnya dilakukan. Dengan demikian kita bisa terhindar dari kesalahan yang sama dan yang terpenting kita dapat lebih cepat menguasai hal baru.

Lifetime Improvement bukan saja terbatas kepada bertambahnya ilmu, pengetahuan dan kemampuan secara teknikal saja. Intrapersonal dan interpersonal juga sangat perlu dikembangkan secara kontinu untuk mengembangkan diri secara maksimal. Kemampuan mengatur diri Anda sendiri dan berhubungan dengan orang lain dapat membantu usaha Anda dalam mengembangkan diri. Dengan bertambahnya kemampuan analitis, intrapersonal dan interpersonal tentunya akan lebih memudahkan kita mencapai impian.

”(4) Dynamic and Flexible”

Setiap pelaksanaan rencana tidak setiap kali akan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk itu sangat diperlukan kesiapan untuk berpikir dan bertindak secara dinamis dan fleksibel terhadap setiap perubahan yang terjadi.

Saat badai datang, pohon-pohon yang memiliki batang besar mungkin akan tumbang karena mereka tidak bisa menahan beban yang diterima tetapi bambu hutan tidak tumbang karena bambu memiliki batang yang lentur, fleksibel untuk bergerak ke segala arah. Sama halnya dengan kita, sifat dinamis dan fleksibel membuat seseorang lebih tahan dalam menghadapi perubahan dan masalah yang datang.

Sejarah evolusi pun mengatakan hal yang sama, hanya makhluk hidup yang bisa beradaptasi dengan baik, yang mampu bertahan hidup. Sama halnya dengan usaha kita mencapai kesuksesan, mungkin ada lebih dari satu cara untuk mewujudkan impian kita. Untuk itu hendaknya kita siap untuk berpikir secara dinamis dan fleksibel dalam usaha kita mencapai kesuksesan.

”(5) Evaluate and Think”

Evaluasi setiap rencana yang kita buat perlu dilakukan secara periodik. Kebiasaan kita untuk mengevaluasi rencana dan pelaksanaan yang dilakukan, memastikan kita berjalan setahap demi setahap menuju goal. Saat kita merasa apa yang direncanakan tidak berjalan dengan baik, segera berpikir untuk mencari jalan untuk memecahkan masalah. Jangan biarkan masalah tidak terpecahkan, segera identifikasi masalah, rumuskan dan cari jalan keluarnya.

”(6) Never Give Up”

Kesuksesan seseorang merupakan gambaran dari kekuatannya yang tidak kenal lelah untuk terus mencoba dan mencoba. Tidak ada kesuksesan besar yang tidak luput dari kegagalan. Justru kesuksesan berawal dari kegagalan, diiringi oleh kegagalan menuju kesuksesan. Kegagalan membuat seseorang lebih baik dari sebelumnya.

Kegagalan dapat setiap saat menghampiri kita. Mengubah cara pandang bahwa kegagalan sebagai salah satu komponen yang diperlukan menuju sukses, akan membuat kita lebih tegar dalam menghadapi kegagalan. Kesiapan diri untuk menghadapi kegagalan merupakan kekuatan besar dalam perjalanan panjang kita menggapai impian.

Bahan Bacaan

Al Qorni, A. 2003. La Tahzan, Jangan Bersedih. Qisthi Press. Jakarta

An Nabahani, T. 1993. Peraturan Hidup dalam Islam. Pustaka Thariqul Izzah. Jakarta

Basith, A. 2004. Dream Building. Materi Pelatihan Program Pelatihan Tambahan (Retooling Batch II-2004 TPSDP)

Kiyosaki, R.T. 2004. Success Stories : Kisah Nyata Kesuksesan Orang-orang yang Mengikuti Ajaran Rich Dad. PT Gramedia Jakarta

Molyono, D. 2004. 2004. Delapan Langkah Strategis Mendaki Karier Puncak : Kiat Eksekutif Muda Mendaki Karier menjadi Pemimpin Puncak. Elex Media Computindo. Jakarta

Murdoko, E.W.H. 2004. Explore Your Personality-Plus : Prinsip Dasar Memahami Diri Sendiri untuk Mencapai Keberhasilan dalam Kehidupan Pribadi dan Pekerjaan tanpa Menyalahkan Orang lain. Elex Media Komputindo. Jakarta

Prijosaksono, A dan Sri Bawono, 2005. Panduan Sesi Pelatihan ”Pembentukan Sikap dan Perilaku Entrepreneur. Masyarakat Entrepreneur Indonesia

Wahyudin, H. 2003. Raihlah Impian Anda. The Internasional Learning Institute. Jakarta

Leave a comment